game yang sering juga di sebut dengan permainan.
Game adalah software. Ia diciptakan untuk macam-macam tujuan. Tujuan
utamanya adalah hiburan, tetapi tidak menutup kemungkinan di masa depan
menjadi lahan perkumpulan ilmu pengetahuan. Bisa saja game diciptakan
tanpa tujuan, hanya sebatas ide-ide atau khayalan si penciptanya yang
dibalut dengan visualisasi sehingga asyik untuk dimainkan olh orang banyak dari yang kalangan mudan sampai tua.
Game, bagaimanapun tetaplah perangkat lunak. Kita semua bisa membuatnya
asalkan kita mengetahui bagaimanakah cara membuat perangkat lunak.
Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memprogram. Entah Anda memakai
bahasa pemrograman C/C++, BASIC, Delphi, java, vb, atau bahkan PHP,
yang penting adalah memprogram.
Masalahnya, mempelajari bahasa pemrograman bukanlah hal sepele. Tidak
semua orang punya waktu, bakat, dana, dan daya otak yang cukup untuk
mempelajarinya. Kondisi buruk itu pun masih ditambah dengan kemalasan
yang muncul dan sulitnya mencari guru yang mau mengajari kita
memprogram. Akhirnya, prasangka tentang membuat game menjadi tidak mudah
alias sangat susah.
permainan yang menggunakan intraksi dengan antar pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti vidio. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan
– misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang
dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
jenis dan elemen pada game yaitu :
berdasarkan jenis "PLATFORM" atau alat yang di gunakan :
1. Arcade game,sering di sebut din dong indonesia, berada dalam tempat khusus.
2. PC games yaitu game yang di mainkan dengan personal computers.
3. Console Games yaitu game yang di mainkan dengan konsole tertentu seperti playstation, x-box, sega dll.
4. Handle Games yaitu di mainakan di konsole khusus game yang dapat di bawa kemana mana.
5. Mobil games yaitu dapat dimainkan pada mobile phone pada PDA.
Berdasarkan " GENRE" permainannya:
1. Aksi.
2. Fighting.
3. Aksi - petualangan.
4. petualangan.
5. Simulasi, konstruksi dan manajemen.
6. Role playing.
7. Strategi.
8. Puzzle.
9. Simulasi kendaraan.
10. Olah raga.
KATEGORI-KATEGORI LAINNYA :
1. Multiplayer Online. Game yang lagi trend di Indonesia bahkan
dunia,menjadi salah satu titik balik mengapa dunia game dan internet di
Indonesia dapat berkembang. Dan karena dimainkan online dan dengan
sistem pembayaran menggunakan voucher, pembajakan sudah tidak menjadi
masalah lagi. Game yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari
2 orang (bahkan dapat mencapai puluhan ribu orang dalam satu waktu)
membuat pemain dapat bermain bersama dalam satu dunia virtual dari
sekedar chatting hingga membunuh naga bersama teman yang entah bermain
di mana. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di PC dan bertema RPG,
walau ada juga yang bertema music atau action. Contoh: Ragnarok online,
O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Lineage, Rose online
2. Casual games. Sesuai namanya, game yang casual itu tidak
kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan
cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan
spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak
lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di
website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action
sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya
game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh:
Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.
3. Edugames. Video Game jenis ini dibuat dengan tujuan spesifik
sebagai alat pendidikan, entah untuk belajr mengenal warna untuk balita,
mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing.
Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game
ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan
ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula
disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun
animasinya. Contoh edugames : Bobi Bola, Dora the explorer, Petualangan
Billy dan Tracy.
4. Advergames. Sering mengunjungi website merek-merek kesayangan
anda? Permen coklat M&M, Coca-cola, Nike, A-Mild, atau Rexona? Anda
pasti menemukan game-game yang dapat dimainkan lalu dapat anda
beritahukan / mengundang langsung ke teman-teman anda. jenis game yang
biasanya mudah dimainkan ini mengusung dan menampilkan produk atau brand
mereka baik secara gamblang maupun tersembunyi. Di era tumbuhnya
media-media baru berteknologi tinggi sekarang ini, dunia periklanan
memang sudah tidak lagi terbatas pada TV, koran, majalah, billboard dan
radio, video game sekarang telah menjadi sarana beriklan atau membangun brand-awareness
yang efektif. Baik melalui internet maupun di mainkan di event-event
mereka, edugames terasa semakin dibutuhkan untuk menjaring calon
konsumen bagi produk yang menggunakan advergames ini. Contoh produk di
indonesia yang membuat advergames: A-Mild, Rexona teens, Axe
No comments:
Post a Comment