coba

Name:

Alamat:

Email:


Friday, 2 March 2012

what is game ?

game yang sering juga di sebut dengan permainan.
Game adalah software. Ia diciptakan untuk macam-macam tujuan. Tujuan utamanya adalah hiburan, tetapi tidak menutup kemungkinan di masa depan menjadi lahan perkumpulan ilmu pengetahuan. Bisa saja game diciptakan tanpa tujuan, hanya sebatas ide-ide atau khayalan si penciptanya yang dibalut dengan visualisasi sehingga asyik untuk dimainkan olh orang banyak dari yang kalangan mudan sampai tua.
Game, bagaimanapun tetaplah perangkat lunak. Kita semua bisa membuatnya asalkan kita mengetahui bagaimanakah cara membuat perangkat lunak. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memprogram. Entah Anda memakai bahasa pemrograman C/C++, BASIC, Delphi, java, vb, atau bahkan PHP, yang penting adalah memprogram.
Masalahnya, mempelajari bahasa pemrograman bukanlah hal sepele. Tidak semua orang punya waktu, bakat, dana, dan daya otak yang cukup untuk mempelajarinya. Kondisi buruk itu pun masih ditambah dengan kemalasan yang muncul dan sulitnya mencari guru yang mau mengajari kita memprogram. Akhirnya, prasangka tentang membuat game menjadi tidak mudah alias sangat susah.
permainan yang menggunakan intraksi dengan antar pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti vidio. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

jenis dan elemen pada game yaitu :
berdasarkan jenis "PLATFORM"  atau alat yang di gunakan :
1. Arcade game,sering di sebut din dong indonesia, berada dalam tempat khusus.
2. PC games yaitu game yang di mainkan dengan personal computers.
3. Console Games yaitu game yang di mainkan dengan konsole tertentu seperti playstation, x-box, sega dll.
4. Handle Games yaitu di mainakan di konsole khusus game yang dapat di bawa kemana mana.
5. Mobil games yaitu dapat dimainkan pada mobile phone pada PDA.

Berdasarkan " GENRE" permainannya:
1. Aksi.
2. Fighting.
3. Aksi - petualangan.
4. petualangan.
5. Simulasi, konstruksi dan manajemen.
6. Role playing.
7. Strategi.
8. Puzzle.
9. Simulasi kendaraan.
10. Olah raga.

KATEGORI-KATEGORI LAINNYA :
1. Multiplayer Online. Game yang lagi trend di Indonesia bahkan dunia,menjadi salah satu titik balik mengapa dunia game dan internet di Indonesia dapat berkembang. Dan karena dimainkan online dan dengan sistem pembayaran menggunakan voucher, pembajakan sudah tidak menjadi masalah lagi. Game yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari 2 orang (bahkan dapat mencapai puluhan ribu orang dalam satu waktu) membuat pemain dapat bermain bersama dalam satu dunia virtual dari sekedar chatting hingga membunuh naga bersama teman yang entah bermain di mana. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di PC dan bertema RPG, walau ada juga yang bertema music atau action. Contoh: Ragnarok online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Lineage, Rose online

2. Casual games. Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.

3. Edugames. Video Game jenis ini dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, entah untuk belajr mengenal warna untuk balita, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun animasinya. Contoh edugames : Bobi Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.

4. Advergames. Sering mengunjungi website merek-merek kesayangan anda? Permen coklat M&M, Coca-cola, Nike, A-Mild, atau Rexona? Anda pasti menemukan game-game yang dapat dimainkan lalu dapat anda beritahukan / mengundang langsung ke teman-teman anda. jenis game yang biasanya mudah dimainkan ini mengusung dan menampilkan produk atau brand mereka baik secara gamblang maupun tersembunyi. Di era tumbuhnya media-media baru berteknologi tinggi sekarang ini, dunia periklanan memang sudah tidak lagi terbatas pada TV, koran, majalah, billboard dan radio, video game sekarang telah menjadi sarana beriklan atau membangun brand-awareness yang efektif. Baik melalui internet maupun di mainkan di event-event mereka, edugames terasa semakin dibutuhkan untuk menjaring calon konsumen bagi produk yang menggunakan advergames ini. Contoh produk di indonesia yang membuat advergames: A-Mild, Rexona teens, Axe

No comments:

Post a Comment