OBJECT INTERFACE
Object merupakan membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit
dalam sebuah program komputer, objek merupakan dasar dari modularitas dan
struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
Interface merupakan salah satu media yang digunakan komputer untuk
berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal dengan GUI
(Graphical User Interface).
Interface merupakan bentuk tampilan yang berhubungan langsung dengan
pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara
pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Contoh interface adalah interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di
mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara
manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol
mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam
membuat keputusan operasional. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat
lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara
untuk:
Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Interface ini, meliputi:
1. perangkat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, dan perangkat yang secara
tidak langsung mengontrol perangkat lunak.
2. piranti input atau output
3. prosedur pemakaian perangkat.
Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam
menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka
menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class,
untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum.
Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme,
dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari
method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil
method interface.
Kita akan menggunakan interface jika kita ingin class yang tidak berhubungan
mengimplementasikan method yang sama. Melalui interface-interface, kita dapat
menangkap kemiripan diantara class yang tidak berhubungan tanpa membuatnya
seolah - olah class yang berhubungan.
Mari kita ambil contoh class Line dimana berisi method yang
menghitung panjang dari garis dan membandingkan object Line ke object dari
class yang sama. Sekarang, misalkan kita punya class yang lain yaitu MyInteger
dimana berisi method yang membandingkan object MyInteger ke object dari class
yang sama.
Seperti yang kita lihat disini, kedua class-class mempunyai method yang
mirip dimana membandingkan mereka dari object lain dalam tipe yang sama, tetapi
mereka tidak berhubungan sama sekali. Supaya dapat menjalankan cara untuk
memastikan bahwa dua class-class ini mengimplementasikan beberapa method dengan
tanda yang sama, kita dapat menggunakan sebuah interface untuk hal ini. Kita
dapat membuat sebuah class interface, katakanlah interface Relation dimana
mempunyai deklarasi method pembanding. Relasi interface dapat dideklarasikan
sebagai,
--------------------------------------------------------
public interface Relation
{
public boolean isGreater( Object a, Object b);
public boolean isLess( Object a, Object b);
public boolean isEqual( Object a, Object b);
}
--------------------------------------------------------
Alasan lain dalam menggunakan interface pemrograman object adalah untuk
menyatakan
sebuah interface pemrograman object tanpa menyatakan classnya. Seperti
yang dapat kita lihat nanti dalam bagian Interface vs class, kita dapat
benar-benar menggunakan interface sebagai tipe data.
Pada akhirnya, kita perlu menggunakan interface untuk pewarisan model
jamak dimana
menyediakan class untuk mempunyai lebih dari satu superclass. Pewarisan
jamak tidak
ditunjukkan di Java, tetapi ditunjukkan di bahasa berorientasi object
lain seperti C++.
Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan
atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya.
Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar
yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan
peripheral lainnya dalam satu sistem.
Penghubung antara dua sistem atau alat. Media penghubung antara satu
subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber
daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output)
dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya
dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat terintegrasi
dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
Dengan system object interface ini, akan lebih mempermudah alam interaksi
di perangkat-perangkat yang semakin banyak jenis dan system pengoprasiannya.
dimana semua data dan fungsi dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas
atau objek. menjadikan sistem ini dinilai lebih mudah dan fleksible.
refrensi
No comments:
Post a Comment